Standar
Kompetensi Dan Kompetensi Dasar (SD)
Kelas
I,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
|
|
1.
Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
|
1.1
Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2
Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
|
Aqidah
|
|
2.
Mengenal Rukun Iman
|
2.1
Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
2.2
Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3
Menghafal enam Rukun Iman
|
Ahlak
|
|
3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1
Membiasakan perilaku jujur
3.2
Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3
Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4
Membiasakan perilaku disiplin
|
Fiqih
|
|
4. Mengenal
tatacara bersuci (thaharah)
|
4.1 Menyebutkan
pengertian bersuci
4.2 Mencontoh
tatacara bersuci
|
5. Mengenal
Rukun Islam
|
5.1
Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2
Menghafal Rukun Islam
|
Kelas
I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
|
|
6.
Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
|
6.1
Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2
Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3
Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
Aqidah
7.
Mengenal dua kalimat syahadat
|
7.1
Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2
Menghafal
dua kalimat syahadat
7.3
Mengartikan
dua kalimat syahadat
|
Akhlak
8.
Membiasakan perilaku terpuji
|
8.1
Menampilkan
perilaku rajin
8.2
Menampilkan
perilaku tolong-menolong
8.3
Menampilkan
perilaku hormat terhadap orang tua
8.4
Menampilkan
adab makan dan minum
8.5
Menampilkan
adab belajar
|
Fiqih
9.
Membiasakan bersuci (thaharah)
|
9.1 Menyebutkan
tata cara berwudlu
9.2 Mempraktekkan
tata cara berwudlu
|
Kelas II, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
1.
Menghafal Al Qur’an
|
1.1
Mengenal
huruf Hijaiyah
1.2
Mengenal
tanda baca (harakat)
|
Aqidah
2.
Mengenal Asmaul Husna
|
2.1
Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
2.2
Mengartikan lima
dari Asmaul Husna
|
Akhlak
3.
Mencontoh perilaku terpuji
|
|
3.1
Menampilkan
perilaku rendah hati
3.2
Menampilkan
perilaku hidup sederhana
3.3
Menampilkan
adab buang air besar dan kecil
|
|
Fiqih
4.
Mengenal tatacara wudhu
|
|
4.1
Membiasakan
wudhu dengan tertib
4.2
Membaca
do’a setelah berwudlu
|
|
5.
Menghafal bacaan shalat
|
5.1
Melafalkan
bacaan shalat
5.2
Menghafal
bacaan shalat
|
Kelas
II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
6.
Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan
|
|
6.1 Membaca
huruf hijaiyah bersambung
6.2 Menulis
huruf hijaiyah bersambung
|
|
Aqidah
7.
Mengenal Asmaul Husna
|
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
Akhlak
8.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
8.1
Mencontohkan
perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2
Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
|
|
Fiqih
9.
Membiasakan shalat secara tertib
|
|
9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2
Mempraktekkan shalat secara tertib
|
Kelas
III, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
1.
Mengenal kalimat dalam Al Qur’an
|
|
1.1
Membaca
kalimat dalam Al Qur’an
1.2
Menulis
kalimat dalam Al Qur’an
|
|
Aqidah
2.
Mengenal sifat wajib Allah
|
2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
3.1
Menampilkan perilaku percaya diri
3.2
Menampilkan perilaku tekun
3.3 Menampilkan perilaku hemat
|
|
Fiqih
4.
Melaksanakan shalat dengan tertib
|
|
1.1
Menghafal
bacaan shalat
1.2
Menampilkan
keserasian gerakan dan bacaan shalat
|
Kelas
III, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
5.
Mengenal ayat-ayat Al Qur’an
|
|
5.1 Membaca
huruf Al Qur’an
5.2 Menulis
huruf Al Qur’an
|
|
Aqidah
6.
Mengenal sifat mustahil Allah
|
6.1
Menyebutkan
sifat mustahil Allah SWT
6.2
Mengartikan
sifat mustahil Allah SWT
|
Akhlak
7.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
7.1 Menampilkan perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku penyayang
terhadap hewan
7.4 Menampilkan perilaku penyayang
terhadap lingkungan
|
|
Fiqih
8.
Melakukan shalat fardhu
|
|
8.1 Menyebutkan shalat
fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat fardhu
|
Kelas
IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
1.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
1.1 Membaca QS Al-Fatihah
dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
|
|
Aqidah
2.
Mengenal sifat jaiz Allah SWT
|
|
2.1
Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2
Mengartikan sifat jaiz Allah SWT
|
|
Tarikh
3.
Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah
kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan perilaku
masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2
Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
|
|
Fiqih
5.
Mengenal ketentuan-ketentuan shalat
|
|
5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib
shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan
shalat
|
Kelas
IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
6.
Membaca surat-surat Al Qur’an
|
|
6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
|
Aqidah
7.
Mengenal Malaikat dan tugasnya
|
|
7.1 Menjelaskan
pengertian Malaikat
7.2 Menyebutkan
nama-nama Malaikat
7.3
Menyebutkan
tugas-tugas Malaikat
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Nabi
|
|
8.1 Menceritakan
kisah Nabi Ibrahim AS
8.2 Menceritakan
kisah Nabi Ismail AS
|
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1 Meneladani
perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2 Meneladani
Nabi Ismail AS
|
|
Fiqih
10.
Melaksanakan dzikir dan do’a
|
|
10.1
Melakukan
dzikir setelah shalat
10.2
Membaca
do’a setelah shalat
|
Kelas
V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
1.
Mengartikan Al Qur’an surat pendek pilihan
|
|
1.1
Membaca
QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2
Mengartikan
QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
|
|
Aqidah
2.
Mengenal kitab-kitab Allah SWT
|
|
2.1
Menyebutkan
nama-nama kitab Allah SWT
2.2
Menyebutkan
nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3
Menjelaskan
Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir
|
|
Tarikh
3.
Menceritakan kisah Nabi
|
|
3.1 Menceritakan
kisah Nabi Ayyub
AS
3.2
Menceritakan
kisah Nabi Musa AS
3.3
Menceritakan
kisah Nabi Isa AS
|
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
4.1 Meneladani
perilaku Nabi Ayyub
AS
4.2
Meneladani
perilaku Nabi Musa AS
4.3
Meneladani
perilaku Nabi Isa AS
|
|
Fiqih
5.
Mengumandangkan adzan dan iqamah
|
|
5.1 Melafalkan
lafal adzan dan iqamah
5.2 Mengumandangkan
adzan dan iqamah
|
Kelas
V, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
6.
Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan
|
|
6.1
Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2
Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil
|
|
Aqidah
7.
Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT
|
|
7.1 Menyebutkan
nama-nama Rasul Allah SWT
7.2 Menyebutkan
nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul
7.3
Membedakan
Nabi dan Rasul
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah Sahabat Nabi
|
|
8.1
Menceritakan
kisah Khalifah Abubakar RA
8.2
Menceritakan
kisah Umar bin Khattab RA
|
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1
Meneladani
perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2
Meneladani
perilaku Umar bin Khattab RA
|
|
Fiqih
10.
Mengenal puasa wajib
|
|
10.1
Menyebutkan
ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2
Menyebutkan
hikmah puasa
|
Kelas
VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
1.
Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan
|
|
1.1
Membaca
QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2
Mengartikan
QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
|
Aqidah
2.
Meyakini adanya Hari Akhir
|
|
2.1
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
|
|
Tarikh
3.
Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab
|
|
3.1
Menceritakan
perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2
Menceritakan
perilaku Musailamah Al Kadzab
|
|
Akhlak
4.
Menghindari perilaku tercela
|
|
4.1
Menghindari
perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2
Menghindari
perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
|
Fiqih
5.
Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan
|
|
5.1
Melaksanakan
tarawih di bulan Ramadhan
5.2
Melaksanakan
tadarrus Al-Qur’an
|
Kelas VI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al Qur’an
6.
MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan
|
|
6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat
ayat 13
6.2
Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
|
|
Aqidah
7.
Meyakini adanya Qadha dan Qadar
|
|
7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan
Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha
dan Qadar
|
|
Tarikh
8.
Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar
|
|
8.1
Menceritakan
perjuangan kaum Muhajirin
8.2 Menceritakan
perjuangan kaum Anshar
|
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
|
9.1
Meneladani
perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
9.2 Meneladani
perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan peserta didik
|
|
Fiqih
10.
Mengetahui kewajiban zakat
|
|
10.1
Menyebutkan
macam-macam zakat
10.2
Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah
|
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SMP)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan
Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan
bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar
|
Aqidah
2.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan
tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan
perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3.
Memahami
Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
Akhlak
4.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan
pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan
perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5.
Memahami ketentuan – ketentuan
thaharah (bersuci)
|
5.1
Menjelaskan
ketentuan –ketentuan mandi wajib
5.2
Menjelaskan
perbedaan hadas dan najis
|
6.
Memahami
tatacara shalat
|
6.1 Menjelaskan
ketentuan –ketentuan shalat wajib
6.2
Memperaktikkan
shalat wajib
|
7.
Memahami
tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan
pengertian shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan
shalat jama’ah dan shalat munfarid
|
Tarikh dan
kebudayaan Islam
8.
Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan
sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan
misi nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa
|
Kelas VII,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
9.
Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
dengan benar.
|
Aqidah
10.
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
|
10.1
Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
10.2
Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
11.
Membiasakan perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan
arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2 Menampilkan
contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan teliti
|
Fiqih
12.
Memahami tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan
ketentuan – ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan
shalat jum’at
|
13.
Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
|
13.1 Menjelaskan
shalat jama’ dan qashar
13.2 Mempraktekkan
shalat jama’ dan qashar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
14.
Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
|
14.1 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia
dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Kelas VIII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra
|
1.1
Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra
1.2
Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar.
|
Aqidah
2.
Meningkatkan
keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
2.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2
Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
2.3
Menampilkan
sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1
Menjelaskan
pengertian zuhud dan tawakkal
3.2
Menampilkan
contoh perilaku zuhud dan tawakkal
3.3
Membiasakan
perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Menghindari
perilaku tercela
|
4.1
Menjelaskan
pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.2
Menyebutkan
contoh – contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3
Menghindari
perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Mengenal
tatacara shalat sunnat
|
5.1
Menjelaskan
ketentuan shalat sunnat rawatib
5.2
Memperaktikkan
shalat sunnat rawatib
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami
macam-macam sujud
|
6.1
Menjelaskan
pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2
Menjelaskan
tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3
Memperaktikkan
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
|
7. Memahami
tatacara puasa
|
7.1
Menjelaskan
ketentuan puasa wajib
7.2
Memperaktekkan
puasa wajib
7.3
Menjelaskan
ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4
Memperaktikkan
puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
|
8. Memahami
zakat
|
8.1
Menjelaskan
pengertian zakat fitrah dan zakat mal
8.2
Membedakan
antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3
Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4
Memperaktikkan
pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
9. Memahami
Sejarah Nabi
|
9.1
Menceritakan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan
9.2
Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
|
Kelas VIII,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
10.
Menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf
|
10.1
Menjelaskan
hukum bacaan mad dan waqaf
10.2
Menunjukkan
contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3
Mempraktikkan
bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Aqidah
11.
Meningkatkan
keimanan kepada Rasul Allah
|
11.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada Rasul Allah
11.2
Menyebutkan
nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3
Meneladani
sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Akhlak
12.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
12.1
Menjelaskan
adab makan dan minum
12.2
Menampilkan
contoh adab makan dan minum
12.3
Memperaktekkan
adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
13. Menghindari
Perilaku tercela
|
13.1
Menjelaskan
pengertian perilaku dendam dan munafik
13.2
Menjelaskan
ciri-ciri pendendam dan munafik
13.3
Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
14. Memahami
hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1
Menjelaskan
jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
14.2
Menghindari
makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
15. Memahami
sejarah dakwah Islam
|
15.1
Menceritakan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2
Menyebutkan
tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Kelas , IX
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan
Al-Hadits
1.
Memahami
Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
|
1.1
Membaca QS At-Tin dengan tartil
1.2
Menyebutkan
arti QS At-Tin
1.3
Menjelaskan
makna QS At-Tin
|
2.
Memahami
Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.1
Membaca
hadits tentang menuntut ilmu
2.2
Menyebutkan
arti Hadits tentang menuntut ilmu
2.3
Menjelaskan
makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits
|
Aqidah
3.
Meningkatkan
keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada Hari Akhir
3.2
Menyebutkan
ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
3.3
Menceritakan
proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an
dan Al-Hadits
|
Akhlak
4.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1
Menjelaskan
pengertian qana’ah dan tasamuh
4.2
Menampilkan
contoh perilaku qana’ah dan tasamuh
4.3
Membiasakan
perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami
hukum Islam tentang penyembelihan hewan
|
5.1
Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan
5.2
Menjelaskan
ketentuan aqiqah dan qurban
5.3
Memperagakan
cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6.
Memahami
hukum Islam tentang Haji dan Umrah
|
6.1
Menyebutkan
pengertian dan ketentuan haji dan umrah
6.2
Memperagakan
pelaksanaan ibadah haji dan umrah
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
7.
Memahami
sejarah perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1
Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran
7.2
Menceritakan
sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Kelas IX,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan
Al Hadits
8.
Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
|
8.1
Menampilkan
bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2
Menyebutkan
arti QS Al-Insyirah
8.3
Mempraktikkan
perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS
Al-Insyirah
|
9.
Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
|
9.1
Membaca
hadits tentang kebersihan
9.2
Menyebutkan
arti hadits tentang kebersihan
9.3
Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam hadits
|
Aqidah
10.
Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar
|
10.1
Menyebutkan
ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar
10.2
Menjelaskan
hubungan antara qadha dan qadhar
10.3
Menyebutkan
contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4
Menyebutkan
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
11.
Menghindari
perilaku tercela
|
11.1
Menyebutkan
pengertian takabbur
11.2
Menyebutkan
contoh-contoh perilaku takabbur
11.3
Menghindari
perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
12.
Memahami
tatacara berbagai shalat sunnah
|
12.1
Menyebutkan
pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2
Menyebutkan
contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3
Mempraktikkan
shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
13.
Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara
|
13.1
Menceritakan
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
13.2
Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SMA)
Kelas X, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Al-Qur’an
1. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
|
1.1
Membaca QS
Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78
1.2
Menyebutkan
arti QS Al-Baqarah; 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
1.3
Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al-Baqarah;30,
Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56 dan An Nahl : 78.
|
2. Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
|
2.1
Membaca QS Al
An’am; 162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.2
Menyebutkan
arti QS Al An’am;162-163 dan Al-Bayyinah; 5.
2.3
Menampilkan
perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am;162-163
dan Al-Bayyinah; 5.
|
Aqidah
3.
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna
|
3.1
Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.2
Menjelaskan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
3.3
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
Menyebutkan pengertian perilaku
husnuzhan.
4.2
Menyebutkan contoh-contoh perilaku
husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
4.3
Membiasakan perilaku husnuzhan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami
sumber hokum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
5.1
Menyebutkan
pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
5.2
Menjelaskan
pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
5.3
Menerapkan
hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
6.
Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Makkah.
|
6.1
Menceritakan
sejarah dakwah Rasullah SAW periode Makkah.
6.2
Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al Qur’an
7.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang Demokrasi
|
7.1
Membaca QS
Ali Imran; 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.2
Menyebutkan
arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura; 38.
7.3
Menampilkan
perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran 159, dan QS
Asy Syura; 38 dalam kehidupan sehari-hari.
|
Aqidah
8.
Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat.
|
8.1
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada malaikat.
8.2
Menampilkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat.
8.3
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada malaikat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Akhlak
9.
Membiasakan perilaku terpuji.
|
9.1
Menjelaskan
pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan atau
menerima tamu.
9.2
Menampilkan contoh-contoh adab
dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
9.3
Mempraktikkan adab dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10.
Menghindari Perilaku Tercela
|
10.1 Menjelaskan
pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.2 Menyebutkan
contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi
10.3 Menghindari
hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Fiqih
11. Memahami
hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
11.1
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
11.2
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
11.3
Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan
wakaf.
|
Tarikh
dan Kebudayaan Islam
12.
Memahami
keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
12.1
Menceritakan sejarah dakwah Rasullah SAW periode Madinah.
12.2
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
|
Kelas XI,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1.
Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan
|
1.1
|
Membaca QS.
al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
1.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32
|
|
|
1.3
|
Menampilkan perilaku berkompetisi
dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir
: 32
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa
|
2.1
|
Membaca Qs.
al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
2.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
|
2.3
|
Menampilkan
perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27
dan QS. al Baqarah : 177
|
|
Aqidah
|
|
|
3.
Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah
|
3.1
|
Menjelaskan
tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah
|
3.2
|
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
|
3.3
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4.
Membiasakan berperilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan
pengertian taubat dan raja’
|
4.2
|
Menampilkan
contoh-contoh perilaku taubat dan raja’
|
|
4.3
|
Membiasakan
perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Fiqih
|
|
|
|
5.
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
|
5.1
|
Menjelaskan
azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam
|
|
5.2
|
Memberikan
contoh transaksi ekonomi dalam Islam
|
||
5.3
|
Menerapkan
transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
||
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
|
6.
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 –
1800)
|
6.1
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
|
6.2
|
Menyebutkan
contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan
|
||
|
|
|
|
Kelas XI,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup
|
7.1
|
Membaca QS. al Rum: 41-42, QS
Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
7.2
|
Menjelaskan
arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27
|
|
|
7.3
|
Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup
seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27
|
Aqidah
|
|
|
8.
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
8.1
|
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah
|
|
Akhlak
|
|
|
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku menghargai karya
orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
10.
Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian dosa besar
|
10.2
|
Menyebutkan contoh perbuatan dosa
besar
|
|
10.3
|
Menghindari perbuatan dosa besar
dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Fiqih
|
|
|
|
11.
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
11.1
|
Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah
|
|
11.2
|
Memperagakan tatacara pengurusan
jenazah
|
||
|
|
||
12.
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah
|
12.1
|
Menjelaskan pengertian khutbah,
tabligh dan dakwah
|
|
12.2
|
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh
dan dakwah
|
||
12.3
|
Memperagakan khutbah, tabliqh dan
dakwah
|
||
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
|
13.
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
|
13.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern
|
|
13.2
|
Menyebutkan contoh peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern
|
||
|
|
|
|
Kelas XII,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
1.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
|
1.1
|
Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
1.2
|
Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
|
|
1.3
|
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus :
40-41, dan QS. al Kahfi : 29
|
2. Memahami
ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
|
2.1
|
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS.
Al Jumuah : 9-10
|
2.2
|
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
2.3
|
Membiasakan
perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
|
|
Aqidah
|
|
|
3.
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
Hari Akhir
|
3.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari
Akhir
|
|
3.3
|
Membiasakan perilaku menghargai karya
orang lain dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Akhlaq
|
|
|
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian adil, ridha
dan amal shaleh
|
4.2
|
Menampilkan contoh perilaku adil,
ridha dan amal shaleh
|
|
4.3
|
Membiasakan perilaku adil, ridha dan
amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Fiqih
|
|
|
5.
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
|
5.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum
perkawinan dalam Islam
|
5.2
|
Menjelaskan hikmah perkawinan
|
|
|
5.3
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia
|
Tarikh dan
Kebudayaan Islam
|
|
|
6.
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
6.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
Indonesia
|
6.2
|
Menampilkan contoh perkembangan Islam
di Indonesia
|
|
6.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di Indonesia
|
Kelas XII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
Al Qur’an
|
|
|
7.
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
|
7.1
|
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al
Baqarah : 164
|
7.2
|
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan
QS. al Baqarah : 164
|
|
|
7.3
|
Melakukan
pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah
: 164
|
Aqidah
|
|
|
8. Meningkatkan
keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar
|
8.1
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada Qadha’ dan Qadar
|
8.2
|
Menerapkan hikmah beriman kepada
Qadha’ dan Qadhar
|
|
Akhlaq
|
|
|
9.
Membiasakan perilaku terpuji
|
9.1
|
Menjelaskan pengertian dan maksud
persatuan dan kerukunan
|
9.2
|
Menampilkan contoh perilaku persatuan
dan kerukunan
|
|
9.3
|
Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan
|
|
10.
Menghindari perilaku tercela
|
10.1
|
Menjelaskan pengertian Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
10.2
|
Menjelaskan contoh perilaku Isyrof,
Tabzir, Ghibah dan Fitnah
|
|
10.3
|
Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir,
Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Fiqih
|
|
|
11. Memahami Hukum Islam
tentang Waris
|
11.1
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris
|
11.2
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum
Waris
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|
|
Tarikh dan Kebudayaan
Islam
|
|
|
|
12.
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
12.1
|
Menjelaskan perkembangan Islam di
dunia
|
|
12.2
|
Menampilkan contoh perkembangan Islam
di dunia
|
||
12.3
|
Mengambil hikmah dari perkembangan
Islam di dunia
|
||
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar